TIPS MEMULAI USAHA SEWA RUMAH DENGAN KPR

KPR Perumahan
Ingin punya usaha sewa rumah? Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa menjadi alat bagi Anda untuk memulai usaha sewa rumah. Anda bisa mulai membeli satu rumah, dua rumah, tiga rumah, dan seterusnya dengan sistem KPR. Lambat laun, pasti rumah yang anda miliki untuk disewakan akan banyak dengan menggunakan strategi ini. Bagaimana caranya?

Sebelum membahas bagaimana cara bisnis sewa rumah dengan KPR, ada baiknya anda tahu kenapa berbisnis sewa rumah. Alasannya, kebutuhan akan sewa rumah sangat besar di Indonesia. Mereka yang membutuhkan sewa rumah berasal dari beragam kalangan. Yang umum, biasanya keluarga muda yang baru menikah. Mereka biasanya membutuhkan sewa rumah sebelum membeli rumah. Selain itu, peminat sewa rumah berasal dari karyawan yang ditugaskan di lain kota. Biasanya mereka akan mengontrak rumah sebagai tempat tinggal selama mereka bekerja di tempat tersebut.

Bagi pemilik rumah mendapatkan sedikitnya dua manfaat langsung. Pertama, pendapatan dari sewa rumah tersebut. Dan kedua, peningkatan dari nilai tanah. Tiap tahun, harga tanah terus naik. Karena itu pasti aset tanah yang Anda miliki inipun akan terus meningkat nilainya.

Lalu bagaimana caranya memulai usaha sewa rumah dengan modal KPR?

Cari rumah yang strategis. 
Atau minimal masuk kriteria untuk mendapatkan KPR dari bank. Rumah yang bisa di-KPR-kan seperti yang ada jalan yang muat untuk masuk mobil, tidak dekat kuburan atau tiang SUTET. Pastikan juga kawasan tersebut bebas banjir. Fasilitas air bersih dan listrik pastikan juga sudah tak lagi masalah.

Hubungi pemiliknya. 
Jika Anda sudah punya rumah incaran, Anda bisa hubungi pemiliknya. Anda bisa tanyakan terlebih dulu apakah rumah tersebut bisa dibeli secara KPR. Jika pemilik rumah setuju, Anda bisa juga negosiasikan mengenai besar uang mukanya. Saat ini umumnya uang muka adalah 20 persen sampai 30 persen dari harga rumah.

Cari KPR ke bank. 
Mulailah mencari KPR ke bank. Siapkan segala dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan KPR tersebut. Lebih baik lagi, jika Anda tak hanya mencoba di satu bank. Tapi coba untuk mengajukan di beberapa bank sekaligus.

Bayar KPR dari sewa rumah. 
Saat KPR sudah disetujui, mulailah mencari penyewa rumah. Upayakan agar sewa rumah bisa menutup biaya KPR. Namun jika tidak, minimal uang sewa KPR tersebut ikut mengurangi beban tagihan KPR Anda.
Lakukan empat langkah ini secara berlanjut. Nantinya pasti Anda akan memiliki banyak rumah yang bisa disewakan.

Sekian postingan Tips Usaha Sewa Rumah via KPR, semoga bermanfaat 

Sumber Artikel : dompetpintar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar