TIPS SEBELUM PINDAH RUMAH

Tips Pindah Rumah
Bagi yang belum punya rumah sendiri, pindah-pindah rumah adalah hal biasa kita lakukan. Kadang kala dalam setahun bisa dua kali pindah. Hal yang paling merepotkan saat pindah rumah adalah memindahkan barang-barang dan perabotan. Tak hanya itu, sejumlah pertanyaan pun muncul, apakah barang-barang tersebut rusak atau bahkan hilang selama pemindahan.

Namun dengan penanganan yang benar, kerusakan bahkan kehilangan bisa diminimalkan. Berikut ini beberapa tips pindah rumah untuk Anda:

Persiapan
Buat daftar barang-barang yang akan dibawa ke rumah baru. Dengan demikian, Anda bisa menentukan berbagai persiapan, termasuk material, teknik, sekaligus waktu pengepakan.

Pengepakan barang-barang umumnya dilakukan dengan plastik pembungkus bergelembung, plastik, kardus, tas plastik, atau selimut lama yang tak terpakai.

Sebelum mengepak, pastikan barang sudah dibersihkan hingga bebas debu. Keluarkan barang-barang dari dalam laci atau lemari, kemudian copot bagian furnitur yang bisa dilepaskan. Setelah itu, siapkan label-label agar barang-barang lebih mudah ditemukan saat dirapikan di rumah baru.

Pengepakan
Bagian-bagian furnitur yang tadi dilepaskan kemudian dibungkus dengan material yang sesuai, misalnya bagian yang mudah rusak dibungkus dengan plastik bergelembung. Masukan sekrup, baut, dan engsel furnitur tertentu ke dalam plastik dan beri label yang benar agar tidak tertukar dengan furnitur lain.

Kaca untuk meja bisa dibungkus dengan kertas koran lebih dulu sebelum dibungkus dengan kardus khusus. Kalau tidak ada kardus yang sesuai, Anda bisa menggunakan selimut. Sofa dan kasur dapat dibungkus dengan plastik berukuran besar.

Pengangkutan
Setelah mengepak semua barang, saatnya memasukkan ke dalam kendaraan. Penempatan barang dalam kendaraan harus seimbang. Matras atau kasur diletakkan dalam posisi berdiri agar Anda punya ruang yang luas untuk menempatkan barang-barang lain.

Gunakan Biro Jasa Pindah Rumah
Jika tidak mau repot, Anda dapat memindahkan barang-barang Anda menggunakan biro jasa pindah rumah. Dalam memilih jasa pindahan, pilihlah perusahaan yang profesional, sehingga proses pindah rumah Anda terjamin keamanan dan kelancarannya.

Sumber Artikel : rumah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar